Cara Alami Mengatasi Nyeri Haid

23:45
Cara Alami Mengatasi Nyeri Haid - Semua wanita pasti merasakan nyeri saat menstruasi yang mana rasa nyeri tersebut sebenarnya hal yang wajar. Nyeri pada saat menstruasi ada yang ringan dan ada juga yang berat. Nah tenang saja buat kalian nih para kaum hawa ada kok Cara Alami Mengatasi Nyeri Haid.

Cara Alami Mengatasi Nyeri Haid

Penyebab nyeri perut pada saat haid gejalanya berbeda-beda pada setiap wanita yang pada umumnya nyeri haid disebabkan oleh ketidak seimbangan hormonal.

Ada 2 jenis Dismenore yaitu Primer yaitu jenis umum dengan gejala sakit pada perut bagian bawah dan biasanya muncul 1-2 hari menjelang haid dan yang kedua sekunder yaitu sakit perut yang disebabkan oleh masalah medis seperti endometriosis ini adalah penyakit radang pada rahim yang junak dan di deinisikan oleh adanya jaringan endometrium extrauterine yang tergantung pada hormon estrogen. Hal ini sering terjadi dikalangan perempuan dalam populasi umum.

1. Menggunakan Kunyit

Pastinya semua tau kan apa itu kunyit dan ingin tau apa saja manfaatnya. Kunyit adalah obat tradisional yang dipercaya bisa mengobati beberapa penyakit. Ini salah satunya dapat mengurangi rasa nyeri saat datang bulan. Biasanya kunyit dikonsumsi dengan cara diramu alias dibuat jamu. Yang mana jamu ini tidak hanya dibuat dengan kunyit saja tetapi juga dicampur dengan asem jawa supaya rasanya tidak begitu anyir. Dan kalau tidak mau ribet mengolahnya, anda bisa beli di toko-toko jamu didekat rumah.

2. Menggunakan Air Hangat

Ada lagi nih cara buat mengurangi rasa nyeri saat menstruasi yaitu dengan menggunakan air hangat. Metode ini ada dua cara, yang pertama air hangat dapat diminum, dan yang kedua juga bisa ditempelkan pada perut dengan menggunakan botol yang sudah dibungkus plastik lalu dilapisi sehelai kain.

3. Lakukan Teknik Distraksi

Ini adalah teknik mengalihkan perhatian yang bertujuan agar perhatian kita tidak terfokus pada rasa nyeri yang sedang dirasakan. Misalnya ketika nyeri haid sedang kambuh, anda bisa melakukan hal lain seperti menonton televisi, mengbrol dengan teman atau mengerjakan aktivitas lain.

4. Lakukan Relaksasi

Ini adalah teknik penenangan, jadi saat nyeri datang lakukanlah pengambilan nafas panjang berulang-ulang dan nyeri akan berkurang saat anda melakukan gerakan ini. Selain menghilangkan nyeri juga dapat membuat anda lebih santai dan rileks.

Nah itulah beberapa Cara Alami Mengatasi Nyeri Haid dan pengertian tentang menstruasi. Dan jika bermanfaat, bagikan tips ini pada teman-teman wanita anda ya. Selamat Mencoba.

Artikel Terkait

Latest
Previous
Next Post »