Cara Alami Mencerahkan Kulit Wajah yang Kusam

00:11
Bagi wanita, tidak ada yang lebih membuat percaya diri dari memiliki wajah yang cantik cerah alami. Wajah yang yang sehat bersinar merupakan dambaan dari semua wanita. Oleh karenanya banyak sekali wanita yang mencari cara alami mencerahkan kulit wajah yang kusam.

Kulit wajah yang cantik bersinar alami akan membuatmu terlihat lebih muda dan fresh. Hal ini telah menjadi dambaan wanita sejak dahulu kala.

Cara Mencerahkan Wajah Secara Alami

cara mencerahkan wajah kusam
cara mencerahkan wajah kusam 

Oleh karenanya kami akan memberikan beberapa tips cara mencerahkan kulit wajah agar terlihat sehat alami bersinar. Berikut ini beberapa hal yang harus kamu lakukan untuk mengubah kulit wajah yang kusam menjadi bersinar cantik alami.

Perawatan Untuk Wajah Cerah Putih Bersih

Cucilah wajahmu sebelum tidur

Kotoran, minyak dan makeup terkumpul di wajahmu selama satu hari penuh. Maka membersihkannya setiap malam sebelum tidur ialah hal yang harus kamu lakukan.

Ini akan menghapus sisa makeup di wajah. Dengan kebiasaan ini, kamu akan dapat mencegah pelapisan makeup di wajah.

Usahakan mencuci wajah menggunakan sabun pembersih muka, agar pori-pori wajah tidak tertutup debu dan makeup. Mencuci wajah juga akan menghilangkan kuman yang menempel di wajah. Ini merupakan cara alami mencerahkan kulit wajah yang termudah.

Jika wajah tidak dicuci maka kuman akan tinggal di wajah, kemudian kuman ini akan berpindah ke bantal, dan keesokan harinya kuman ini menumpuk di bantal dan menempel kembali di kulit saat kamu tidur. Maka dari itu, cegahlah dengan membersihkan wajahmu sebelum tidur.

Mencuci menggunakan sabun pelembab yang mengandung sedikit lemak seperti Dove sangatlah baik untuk kulit wajahmu. Tujuannya ialah untuk membersihkan wajahmu dan kandungan lemaknya akan berfungsi sebagai moiturizer kulit wajah. Tetapi jangan gunakan sabun yang membuat wajahmu terasa kering dan keset, ini buruk untuk kulit wajahmu.

Ketika Mencuci Mukamu, hindari mengusap sabun muka dengan lap, gunakanlah air untuk membilasnya terlebih dahulu. Siramkan air ke wajah dan usaplah dengan kedua tanganmu. Pijat-pijat perlahan dan pastikan seluruh wajah bersih. Ketika selesai tidak perlu dikeringkan dengan handuk, cukup mengusap dengan tangan hingga kering. Penggunaan handuk kasar untuk mengeringkan wajah ini dapat merusak kelembutan kulitmu dan memicu munculnya masalah kulit berminyak. Maka hindarilah, dan dapatkanlah kulit wajah yang cerah alami.

Baca Juga: Cara Merawat Wajah Berminyak Secara Alami

Bersihkan seluruh bagian wajah, termasuk wajah, leher dan bagian belakang telinga, jangan biarkan sabun tertinggal.

Gunakan Toner

Tidak semua orang perlu menggunakan toner, tetapi beberapa orang perlu menggunakannya untuk menghilangkan sisa-sisa minyak dan kotoran pada wajah yang tidak dapat dibersihkan dengan sabun. Kotoran ini menempel di pori-pori yang bisa menyebabkan masalah kulit seperti jerawat, bintik hitam dan wajah kusam.

Pengguanaan toner merupakan cara mencerahkan kulit wajah yang kusam dengan mudah. Toner dapat menghilangkan kotoran pada pori, sekaligus mengecilkan pori-pori kulit di wajah, sehingga debu sukar menempel dan minyak di wajah berkurang.

Cara menggunakannya: Taruh toner berkualitas terbaik di kapas, kemudian usapkan secara lembut ke seluruh wajah. Usahakan tidak ada bagian yang tertinggal.

Usahakan menggunakan toner hingga minyak di wajah berkurang. Namun jangan menggunakan astrigent yang mengandung 60% alkohol, kecuali wajahmu memang sangat berminyak.

Utamakan menggunakan toner alami daripada toner pabrik. Resep toner alami ialah:

1/4 buah Apel diblender, kemudian dicampurkan dengan 1/2 buah mentimun. Kemudian campuran ini digunakan sebagai toner wajah selama 20 menit, baru kemudian dibersihkan dengan air. Toner ini dapat juga disimpan dalam kulkas untuk mendapatkan efek segar/dingin dan digunakan setelah kita menggunakan permbersih wajah.

Gunakan Moisturizer

Oleskan moisturizer yang bagus dan berkualitas untuk mendapatkan kulit wajah yang cerah dan kenyal. Moisturizer yang mengandung minyak esensial alami, seperti rosemary atau almond adalah yang terbaik untuk kulit wajah. Atau bisa juga menggunakan minyak zaitun, namun jangan lupa setelah menggunakannya langsung dibasuh dengan sabun hingga bersih.

Menggunakan moisturizer untuk kulit ketika malam hari dapat membantu untuk memperbaiki kerusakan sel kulit dan mencegah kerutan-kerutan tanda penuaan.

Lakukan penggunaan moisturizer yang banyak/lama pada malam hari, dan gunakan yang sedikit/sebentar pada siang harinya.

Untuk Moisturizer pabrik, sebaiknya menggunakan yang mengandung SPF 15 yang dapat mencegah penuaan akibat sinar matahari.

Untuk kulit yang kering dan kusam, sebaiknya menggunakan minyak seperti gliserin atau propilen yang dapat menyerap air dan membuat kulit segar bersinar. Cara ini akan mencerahkan kulit wajah yang kusam dengan segera.

Jangan lupa untuk menggunakan moisturizer pada bagian leher dan dada untuk mendapatkan kulit yang cerah dan indah.

Lakukan Peeling Wajah Setiap Minggunya

peeling wajah alami
peeling wajah alami

Teknik peeling wajah ialah mengoles wajah dengan gel (semacam lulur) kemudian mengusapnya tanpa menggunakan air, tujuan dari peeling ialah untuk mengangkat sel kulit mati pada kulit.

Peeling sebaiknya dilakukan sebelum penggunaan toner. Belilah krim peeling wajah yang berkualitas agar mendapatkan hasil yang maksimal atau kamu bisa menggunakan krim peeling alami.

Resep Krim Peeling alami: Campurkan gula dan madu secukupnya, aduk rata, kemudian usapkan di wajahmu secara merata. Setelah 20 menit peeling dengan air hangat.

Biasakan untuk melakukan perawatan wajah setiap harinya untuk  mencerahkan kulit wajah  yang kusam agar bersinar alami.

Baca Juga: Masker Pemutih Wajah Buatan Sendiri

Hindarkan kulitmu dari Sinar Matahari Langsung

Hanya dalam beberapa menit terkena sinar matahari, kulitmu bisa rusak. Maka untuk menjaga kulitmu tetap sehat dan mendapatkan kulit cerah bersinar kamu sebaiknya menggunakan sunscreen ketika beraktivitas di luar.

Sebaiknya menggunakan produk sunscreen yang mengandung SPF 15 atau SPF 30.

Pertimbangkan untuk menggunakan make up yang mengandung SPF atau menggunakan moisturizer yang transparan dan mengandung banyak air, maka wajahmu terlindungi dari sinar matahari. Menghindarkan kulitmu dari terik matahari juga merupakan cara mencerahkan kulit wajah yang kusam dengan bahan alami.

Pola Makan Untuk Mencerahkan Kulit Wajah Yang Kusam

Perbanyaklah Minum Air

Tidak ada yang lebih sehat daripada air putih dalam jumlah banyak. Air putih dapat menetralisir racun dan mengeluarkannya dari tubuhmu. Maka selain memberikan kelembapan pada kulit kita, mengkonsumsi air putih sangatlah baik untuk kesehatan tubuh.

Sebaiknya selalu membawa sebotol air ketika kamu bepergian/bekerja. Sehingga kamu akan minum air yang cukup banyak selama seharian penuh.

Lebih baik meminum minuman herbal dibandingkan minuman kemasan. Cobalah teh hijau ataupun teh herbal lainnya. Ini dapat mencerahkan kulitmu sehingga putih cerah bersinar.

Makanlah Makanan yang Menyehatkan

makanan untuk kesehatan kulit wajah
makanan untuk kesehatan kulit wajah

Protein dari buahan dan sayuran sangatlah menyehatkan kulitmu, maka makanlah sayuran dan buah sebanyak-banyaknya. Selain itu sayuran dan buahan mengandung banyak antioksidan yang dapat mencegah penuaan dini. Beberapa nutrisi lainnya yang penting ialah:

Asam Lemak Omega 3 yang penting untuk kulitmu. Termasuk lemak dari ikan salmon, makarel dan banyak ikan lainnya. Ingat ikan jangan digoreng, sebaiknya direbus saja. Selain itu kacang juga memiliki kandungan Omega 3 yang melimpah, sekali lagi jangan di goreng, sebaiknya direbus/ dioven.

Vitamin C dapat memberikan kulit yang sehat dan cerah, maka masukkan jeruk, apel dan bayam dalam menu harianmu.

Makanan yang kaya serat seperti sayuran, kacang-kacangan dan buahan segar sangat sehat untuk kulitmu. Jangan merebusnya atau jangan direbus terlalu lama, agar kandungan vitaminnya tidak rusak.

Kurangi makanan Manis atau yang mengandung gula dan makanan yang mengandung garam

Terlalu banyak gula dapat membuat bintik-bintik pada kulit, sedangkan terlalu banyak garam dapat memberikan wajah yang pucat dan jelek.

Makanlah banyak multivitamin

Kalau menurutmu konsumsi buahan dan sayuranmu terlalu sedikit, maka tambahlah asupan vitamin dengan multivitamin A, B, dan C. Jika ingin mendapatkan asupan Vitamin ini dengan cukup maka beberapa sayur ini wajib kamu konsumsi:
  1. Vitamin A - Wortel, Kentang dan bayam
  2. Vitamin B - Ikan, Kedelai dan serat
  3. Vitamin C - Jeruk, Brokoli, Sroberi, Kiwi, Pepaya
Baca Juga: Makanan Yang Menyehatkan Kulit Anda

Kebiasaan Sehari-hari Untuk Mencerahkan Kulit Wajah Secara Alami

  1. Lakukan Olah raga setidaknya 2-3 kali seminggu, cukup sekitar setengah jam saja. Ini akan memperlancar sirkulasi darah dan membersihkan racun-racun di kulit sehingga terlihat sehar cerah besinar. 
  2. Jangan Pernah Merokok (sekalipun!)
  3. Cukupkan Tidur sekitar 7-8 jam setiap hari. Ketika tidur, darah akan memperbaiki sel kulit yang rusak. 
  4. Gunakan air Mawar sebagai toner setiap minggunya. 
  5. Gunakan masker dari pepaya ke kulitmu setidaknya 15-20 menit setiap minggunya. 
  6. Jangan terlalu lama mandi di air hangat, ini dapat melarutkan nutrisi esensial di kulit dan mengurangi kelembapan kulit. 
Itulah beberapa cara alami mencerahkan kulit wajah yang kusam. Dengan merawat kulit menggunakan bahan alami, kita akan mendapatkan kecantikan alami dari alam. 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »