Bahaya Sering Begadang Bagi Kesehatan

10:50
Bahaya Sering Begadang Bagi Kesehatan - Banyak sekali hal yang menjadi alasan bagi seseorang untuk menghabiskan waktu malam hari yang seharusnya digunakan untuk tidur dan beristirahat malah diapkai untuk banyak kegiatan, misalnya lembur karena banyak kerjaan yang harus diselesaikan. Kebiasaan tidur larut malam sebenarnya sangat tidak dianjurkan karena dapat mengganggu kesehatan tubuh kita. Tubuh yang seharusnya membutuhkan waktu istirahat diporsir untuk terus beraktifitas.



Pada dasarnya waktu yang dibutuhkan untuk tidur setelah siang hari beraktifitas adalah 8 jam, jika hal itu terus diabaikan maka sistem imun tubuh atau kerja tubuh akan bekerja tidak optimal. Tidak anda sadari kalau anda terus menerus begadang setiap malam, otak  anda akan mengalami gegar otak kecil dan untuk masalah berlanjut, anda akan mengalami kerusakan sel-sel otak secara bertahap. Banyak hal lain yang akan anda dapatkan dari hasil begadang malam anda, misalnya:

11 Efek Buruk Dari Begadang:

1. Sistem Imunitas atau Kekebalan Tubuh Akan Melemah.

Hal ini terjadi karena sel-sel darah putih akan berkurang secara terus menerus seiring dengan seringnya anda terus menerus melakukan kegiatan malam hari. Sel darah putih berfungsi untuk menjaga imunitas tubuh dari serangan penyakit, sehingga jika sel darah putih ini jumlahnya semakin terbats maka akan mengancam kesehatan anda.

2. Terjadinya Tekanan Darah Tinggi.

Jika tekanan darah tinggi sudah menghinggap pada anda, maka sederet penyakit lainnya pun akan turut hadir dalam tubuh anda, biasanya karena terlalu sering tidur larut malam dan waktu istirahat tidak digunakan semestinya, tentunya ini sangat cepat meninggikan tekanan darah anda.

3. Sakit Kepala.

Sudah jadi resiko bagi orang yang punya hobi begadang ini akan sering mengalami sakit kepala atau mata nyut-nyutan, apalagi ketika harusa bangun pagi dan langsung beraktivitas, maka otak akan mengalami kerusakan secara bertahap.

4. Diabetes.

Tak perlu kaget kalau-kalau anda akan terkena penyakit diabetes akibat terlalu sering begadang dimalam hari, kaena begadang dapat berpengaruh besar yang dapat merusak keseimbangan hormon dalam tubuh, meningkatkan kadar glukosa dikarenakan jumlah insulin dalam tubuh semakin sedikit. Itulah yang menyebabkan anda bisa rentan terkena diabetes.

5. Stroke.

Akibat aktivitas terus berjalan dimalam hari akan meningkatkan tekanan pada jantung anda sehingga kemungkinan terkena stroke sangat tinggi.

6. Penyakit Jantung.

Salah satu penyakit mematikan ini dapat menghinggapi anda, jika terlalu banyak begadang dan menguras waktu istirahat anda terus menerus.

7. Berat Badan Semakin Meningkat (Obesitas).

Hal ini dikarenakan porsi makan yang terus berjalan hingga malam hari semakin lama anda memperpanjang waktu begadang anda semakin anda berkeinginan untuk memakan sesuatu atau camilan sebagai teman begadang anda, sehingga berat badan anda bertambah dan meningkat karena metabolisme dalam tubuh tidak berjalan lancar.

8. Menyebabkan Susah Tidur.

Kebiasaan anda begadang menjadi hal yang buruk, disebabkan karena anda biasa tidur larut malam dan jika anda mencoba tidur lebih awal maka anda akan merasa kesulitan untuk memejamkan mata

9. Daya Refleks Menurun.

Sistem saraf pusat yang mengatur segala kegiatan anda dan menjadi pusat motorik anda dalam semua hal akan mengalami kerusakan dan ini akan berakibat fatal jika selalu dibiarkan, mengakibatkan gerak refleks anda akan menurun dan melemah.

10. Merusak Organ Hati.

Kurang tidur membuat organ hati tidak bisa menjalankan tugasnya, yaitu menetralisir racun dalam tubuh, proses tersebut membutuhkan tubuh dalam keadaan rileks saat tubuh beristirahat.

11. Kematian.

Jika setiap hari kebiasaan begadang anda tetap berjalan, maka semua dampak buruk bergabung menjadi sesuatu yang fatal karena bisa berakibat pada kematian. Banyak orang yang sering tidur larut malam tak mempunyai umur panjang.

Banyak hal yang sangat merugikan jika hal ini terus dilanjutkan. Tidurlah sesuai aturan yaitu 8 jam perhari, untuk seseorang yang biasa tidur larut malam mudah dikenali ciri-cirinya secara fisik yaitu pada area mata, dibawah mata akan mengantung dan menghitam. Jika kita amati orang tersebut akan terlihat tidak bersemangat, lemas dan sering mangantuk disiang hari, serta sangat mudah marah. Semoga dengan anda membaca artikel tentang Bahaya Sering Begadang Bagi Kesehatan, anda bisa mengubah kebiasaan buruk anda yang hanya akan membawa kerugian besar pada diri anda sendiri.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »