Cara Merawat Wajah Berminyak Secara Alami

08:33
Wajah berminyak pasti akan membuat kamu merasa tidak nyaman dengan penampilanmu. Terutama kalau kamu sekarang dalam masa pertumbuhan dan selalu beraktifitas di luar seharian penuh. Untuk mengatasinya, memang diperlukan Cara alami untuk merawat wajah berminyak agar terlihat cerah dan fresh.

Merawat Wajah Berminyak dengan Cara Alami


cara merawat wajah berminyak
Perawatan Untuk Kulit Wajah Berminyak

Selain menyebabkan muka terasa lengket, wajah berminyak juga tidak sehat dan dapat menyebabkan jerawat, bercak noda hitam, dan berbagai masalah kulit lainnya. Ini semua disebabkan karena minyak pada wajah yang membuat debu dan kotoran menempel. Sebelum membahas mengenai Cara Merawat Wajah Berminyak Secara Alami, kali ini kita akan mempelajari penyebab kulit berminyak dan cara alami mengatasi kulit berminyak.

Penyebab Kulit Berminyak

Sebelum mulai membahas mengenai cara merawat kulit berminyak, kita akan sedikit membahas mengenai penyebab kulit berminyak. Berikut ini beberapa penyebab umum dari kulit berminyak:
  1. Karena keturunan. Contohnya kulit orang yang lebat rambutnya akan lebih berminyak daripada kulit orang yang tidak terlalu lebat. Hal ini memang bersifat keturunan.
  2. Eskresi dari kelenjar minyak yang terdapat di kulit. Terlalu banyak eskresi minyak ini akan membuat kulit berminyak dan menyebabkan kotoran menempel. Inilah yang menjadi penyebab utama jerawat membandel.
  3. Faktor lainnya, seperti stress dan perubahan hormon saat beraktifitas, kehamilan atau penggunaan obat.
Kulit yang berminyak sesungguhnya tidaklah buruk. Dalam kaca mata yang positif produksi minyak di wajah yang cukup akan melindungi kulit kamu. Kulitmu akan terhidrasi secara alami sehingga terlihat lebih awet muda, ini jauh lebih baik daripada kulit kering dan kusam.

Tetapi bukan berarti wajahmu tidak memerlukan perawatan khusus karena kulit berminyak, kamu perlu melakukan rutinitas khusus untuk merawatnya.

Seperti yang telah kami katakan sebelumnya, minyak di wajah menyebabkan kotoran dan debu menempel, ini menjadi penyebab jerawat. Karena itu kamu harus membersihkan wajah berminyak dengan lebih sering.

Bersihkan dan rawatlah wajah berminyakmu ini dengan usapan yang lembut, karena mengusapkan kain yang kasar ke bagian wajah akan membuatnya memproduksi lebih banyak minyak.

Merawat Wajah Berminyak Dengan Cara Alami

Beberapa ulasan di bawah ini merupakan cara alami merawat wajah berminyak. Terutama untuk mengurangi dan mencegah wajah mengkilap karena berminyak. Simak langkah-langkah berikut:

Mencuci muka lebih sering

Cara merawat wajahh ini sangat mudah untuk dilakukan. Apalagi kalau muslim, setidaknya sudah lima kali sehari. Cara ini memang terlihat sepele, tetapi dengan banyak mencuci muka akan mengurangi masalah wajah berminyak hingga 90%.

Pakailah pembersih muka untuk wajah berminyak, kemudian usapkan dengan halus menggunakan air hangat, jangan kasar dan tergesa-gesa. Hal ini akan membersihkan sisa minyak di wajahmu. Tetapi untuk mencuci wajah mengguanakn pembersih muka ini jangan dilakukan terlalu sering, karena dapat menyebabkan wajah kering dan memproduksi lebih banyak minyak.

Kapanpun ketika wajahmu terasa berminyak dan lengket, cucilah wajahmu dua hingga tiga kali lebih banyak dari biasanya dengan air biasa. Tidak perlu mengguanakan pembersih wajah. Jadi kalau di total-total, sehari kamu akan membasuh wajah dengna pembersih sebanyak dua kali dan sekitar 8-10 kali menggunakan air bersih saja.

Sebelum kamu tidur, basuhlah wajahmu dengan menggunakan air hangat. Ini akan membersihkan make up yang masih menempel dan meremajakan kulit wajahmu.

Ingat, Jangan berlebihan untuk mencuci wajah apalagi menggunakan handuk kasar, hal ini akan membuat wajah memproduksi lebih banyak minyak.

Coba gunakan pembersih wajah alami yang dibuat sendiri. Kami akan memberikan beberapa resepnya di bagian bawah tulisan ini.

Jangan gunakan sabun biasa untuk merawat wajah berminyak

Sabun biasa akan membuat kulit kamu kering dan menyisakan minyak wajah yang membuat flek hitam. Jangan lakukan hal ini.

Gunakan Toner Alami yang dibuat sendiri khusus untuk wajah berminyak

Kamu bisa mengguanakan ekstrak green tea sebagai toner wajah berminyak, atau ekstrak air mawar yang dicampur dengan kulit apel. Perawatan wajah alami ini mampu mengecilkan pori wajah kamu sehingga jumlah minyak menurun.

Pijatan Untuk Wajah Berminyak

Wajah yang berminyak menyebabkan lebih banyak debu dan kotoran yang menempel dan membentuk lapisan di kulit wajah. Kamu harus membersihkan lapisan kotoran ini dengan memijat wajahmu.

Selain mengupas lapisan kotoran, kamu juga bisa menghilangkan sel kulit yang telah mati. Kamu bisa menggunakan oil scrub yang dibeli di toko, atau mengguankan ramuan alami.

Untuk membuat ramuan oil scrub alami, kamu hanya perlu mencampurkan dua sendok makan perasan jeruk nipis di campur dengan gel (getah) lidah buaya. Gunakan ini seperti masker di wajah dan beberapa menit kemudian basuhlah dengan air hangat.

Serap Minyak Berlebih pada Wajah

Kertas Penyerap Minyak
Kertas Penyerap Minyak

Pada situasi tertentu kamu tidak dapat mencuci wajah, maka siapkanlah kertas penyerap minyak. Gunakan kertas penyerap minyak untuk merawat wajah berminyakmu. Cara perawatan wajah ini sangat efektif dalam mengontrol minyak di wajah.

Cukup dengan menyiapkan beberapa lembar kertas penyerap minyak di wajah ini, kamu siap mengatasi semua urusan kantoran yang sibuk.

Beberapa Tips Lainnya Untuk Merawat Wajah Berminyak Secara Alami

Gunakan produk yang memiliki pelarut air, atau dalam bahasa mudahnya, pilihlah produk yang banyak mengandung air. Ini baik untuk wajah kamu.

Jangan gunakan produk dengan pelarut alkohol, produk jenis ini menyebabkan kulit wajah kamu kering. Ketika kering, kulit akan memproduksi lebih banyak minyak.

Karena wajah kamu berminyak, bukan berarti tidak memerlukan moisturizer. Tetap gunakan moizturizer yang mengandung banyak air.

Makanlah makanan yang kaya protein dan vitamin. Tambahkan buah-buahan segar dalam menu harian kamu, tingkatkan konsumsi sayuran dan hijau-hijauan yang mengandung banyak vitamin. Kurangi konsumsi gula/glukosa dan lemak.

Baca Juga : Makanan Yang Sehat Untuk Kulit

Hindari berpanas-panasan di bawah terik matahari, apalagi dalam keadaan banyak debu dan asap, ini akan membuat wajahmu kotor. Kalaupun harus berpanas-panasan dan terkena debu, usahakan untuk segera membasuhnya dan mencuci wajah dengan ramuan alami.

Ramuan Alami Untuk Merawat Wajah Berminyak

Ramuan Air Lemon

Campurkan satu sendok makan lemon dengan air bersih, kemudian usapkan ke wajah kamu. Setelah 15 menit basuhlah wajah dan gunakan sabun gliserin/sabun wajah yang lembut. Ini akan membuat wajah kamu bebas dari minyak.

Ramuan Sari Apel

Untuk mengubah kulit wajah yang berminyak menjadi kulit wajah yang lembab alami, kamu membutuhkan satu biji apel. Potong jadi dua bagian, setengahnya boleh dimakan, dan setengahnya di blender. Gunakan sari apel yang diblender ini sebagai masker di wajahmu, kemudian setelah satu jam, basuhlah dengan air hangat. Ini akan membuat wajahmu terlihat lembab alami tanpa minyak. Lakukanlah secara rutin setiap minggunya.

Ramuan Kacang Almon Dengan Madu.

Untuk kacang almon, kamu perlu menumbuknya dahulu untuk mendapatkan minyaknya. Kalau kacang almon mungkin terlalu sulit diperoleh, kamu bisa mnggantinya dengan minyak zaitun.

Kemudian kacang almond/minyak zaitun ini dicampurkan dengan madu. Setealh itu oleskan campuran ini ke wajahmu. Setelah 15 menit cuci wajahmu menggunakan air hangat, dan keringkan dengan handuk yang lembut.

Masker Rumahan Alami Yang Bisa Dibuat Sendiri

Masker Buahan Untuk Wajah
Masker Buahan Untuk Wajah

Masker Aloe Vera - Lidah Buaya

Lidah buaya langsung saja di blender tanpa air, kemdian gel lidah buaya dimasukkan dalam kulkas. Setelah dingin digunakan sebagai masker wajah. Kemudian bilas mengguanakan air hangat. Kamu bisa melakukan ini tiga kali sehari ketika libur kerja.

Masker Alami dari Air Lemon, Madu dan Susu

Campurkan satu sendok makan air lemon dengan setengah sendok makan madu, kemudian tambahkan beberapa tetes susu cair.

Oleskan pasta gel ini ke wajah sebelum kamu mandi (2 kali sehari). Gel ini dapat membersihkan kulit wajah dari minyak.

Masker Alami dari Lumpur Tanah

Lumpur mengandung mineral yang diperlukan oleh kulit kita, sehingga penggunaan lumpur sebagai masker akan mengangkat minyak dan sel kulit mati. Persiapan sebelum menggunakan lumpur ialah, pertama, kamu perlu mencuci lumpur tersebut dengan air bersih, setelah itu di keringkan. Setelah kering, ditumbuk dan disimpan dalam botol. Jika kamu ingin melakukan masker maka diberi sedikit air dan oleskan ke wajah, diamkan 15 dan basuhlah dengan air hangat.

Masker Lumpur dan air lemon.

Kalau sebelumnya lumpur bersih di botol hanya ditambahkan air putih, kali ini ditambahkan dengan air lemon. Dengan satu sendok makan air lemon, masker campuran ini siap digunakan. Oleskan masker ini di wajah, dan setelah sekitar 15 menit atau lebih basuh dengan air hangat hingga bersih.

Setelah melakukan beberapa tips cara merawat wajah berminyak tersebut, kamu pasti akan merasakan kulit wajah lebih kencang, fresh dan bebas minyak. Pilihlah cara perawatan wajah secara alami agar memperoleh kulit yang sehat.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
Unknown
AUTHOR
27 February 2018 at 19:36 delete

perawatan dengan serum khusus wajah berminyak juga bisa kak, bisa dengan produk Hanasui Serum whitening Gold, produk aman dan hasilnya cepat :)

Reply
avatar