Masker Pemutih Wajah Alami Buatan Sendiri

21:18
Wanita mana sih yang nggak suka merawat kulit wajahnya sendiri? Semua wanita pasti suka melakukan perawatan kulit wajahnya. Untuk melakukan perawatan  wajah ini, para wanita membutuhkan masker pemutih wajah yang alami. 


Masker Pemutih Wajah Berbahan Alami Buahan dan Sayur

masker pemutih wajah
masker pemutih wajah

Masker pemutih wajah ialah perpaduan antara bahan-bahan alami atau buatan yang digunakan pada kulit wajah untuk menghaluskan, mencerahkan dan merawat kulit wajah yang bermasalah seperti kusam, berminyak, kering, ataupun terjadi penuaan dini. Penggunaan masker wajah yang mengandung bahan-bahan alami seperti sayuran, buahan dan minyak esensial akan sangat membantu untuk mendapatkan kulit putih indah bercahaya.

Tetapi perlu diingat bahwa penggunaan masker pada wajah harus disesuaikan dengan jenis kulitnya. Jenis kulit yang berbeda-beda harus dirawat menggunakan masker dengan resep yang berbeda pula.

Buah-buahan yang memiliki rasa yang tajam(menyegarkan), seperti tomat, lemon, jeruk, anggur dan leci harus dicampur dengan buahan atau sayuran yang lebih lembut, seperti pisang.
Beberapa jenis buahan seperti anggur memiliki efek peeling untuk kulit wajah, sehingga ini harus dihindari jika tipe kulit wajahmu sensitif.

Untuk menghilangkan masker wajah juga tak boleh asal, ada cara khusus untuk setiap jenis kulit wajah. Untuk tipe kulit wajah yang berminyak, sebaiknya membilas masker dengan air hangat dan sedikit perasan lemon, air jeruk, atau jus apel. Kemudian digunakan kapas putih untuk mengusapnya hingga bersih. Untuk tipe kulit kering, masker dilepas dengan menggunakan ekstrak herbal, seperti teh, susu, atau air dingin yang diberi sedikit garam. Dan berbagai jenis kulit lainnya memerlukan teknik dan perlakuan yang berbeda.

Walaupun masker wajah ini sangat baik untuk digunakan, namun jangan terlalu lama menggunakannya, terutama untuk masker yang bisa mengeras dan kering.

Memilih Masker Wajah yang Tepat

Sebelum kamu menggunakan masker wajah, kamu harus mengetahui dulu jenis kulitmu. Apakah kulitmu berminyak? Kering? atau kusam? Kemudian apa yang kamu inginkan? Apa kamu ingin kulit wajahmu bersinar cerah? Menghilangkan kerutan? Menghilangkan masalah jerawat? Atau menggurangi komeda? Berdasarkan jenis kulitmu dan tujuanmu menggunakan masker barulah kamu memilih masker yang tepat.

Jangan menggunakan bahan masker yang menyebabkan kulitmu alergi, contohnya jika kamu alergi telur atau stroberi, maka jangan gunakan telur ataupun stoberi untuk menjadi maskermu. Pilihlah bahan facial lain yang mampu memberikan efek serupa.

Cara Menggunakan Masker Pemutih Wajah

cara menggunakan masker pemutih wajah
cara menggunakan masker pemutih wajah

Ikat rambutmu ke belakang dengan menggunakan karet/pengikat rambut, bersihkan wajahmu dengan air hangat. Pijatlah wajahmu secara perlahan-lahan sehingga sirkulasi darah di bagian bawah kulit menjadi lancar dan pori-pori kulit sedikit terbuka. Setelah membilas wajah dengan air hangat, oleskan masker yang sesuai untuk kulit anda menggunakan kedua tanganmu. Kemudian taruhlah mentimun di bagian mata kamu, mentimun dapat membantu menghilangkan mata panda. Setelah masker agak kering, kamu bisa membilasnya dengan air hangat. Selanjutnya kita akan membahas perawatan wajah secara alami dengan resep masker pemutih wajah alami.

Baca Juga: Perawatan Wajah Secara Alami dengan Masker Buah-Buahan

Resep Masker Pemutih Wajah Untuk Jenis Kulit yang Berbeda

Berbagai jenis masker facial digunakan untuk merawat kulit wajah dengan tiper berbeda-beda. Berikut ini beberapa kombinasi bahan alami yang mudah diperoleh untuk membuat beberapa jenis masker wajah.
Masker Pemutih Wajah alami
Masker Pemutih Wajah alami

Masker Pemutih Wajah Untuk Kulit Normal

  • Masker Wajah Apel: Kupas dan potong setengah buah apel, haluskan dengan blender kemudian campurkan dengan 1 kuning telur, 2 sendok makan minyak zaitun, 1 sendok makan madu, dan 1 sendok cuka. Oleskan masker ini ke wajah, diamkan beberapa menit, ketika kering, bersihkan dengan menggunakan air hangat.
  • Masker Wajah Alpukat Bunga Matahari: Satu buah Alpukat, ambil isinya, kemudian haluskan dengan blender/tumbuk. Campurkan alpukat dengan satu sendok makan minyak bunga matahari/ dua bunga matahari dihaluskan. Oleskan campuran ini ke seluruh wajah hingga leher, hindari area bibir dan mata. Diamkan selama 10 menit kemudian bersihkan dengan air hangat.
  • Masker Wajah Mentimun: Satu buah mentimun berukuran kecil di blender (tanpa air). Kemudian mentimun yang sudah hancur di peras dan diambil airnya. 4 sendok makan air mentimun ini dicampur dengan 1 sendok makan susu cair, dicampur dengan 1 sendok makan putih telur dan tambahkan tepung beras sedikit saja untuk mengentalkan. Oleskan masker ini ke wajah, biarkan selama 15 menit dan bilaslah dengan air dingin.

Masker Pemutih Wajah Alami Untuk Kulit Kering dan Kusam

  • Masker Pisang dan Mawar: Buah pisang yang telah matang dihancurkan hingga lembut, kemudian campurkan dalam air bunga mawar. Oleskan campuran ini ke wajah hingga leher. Setelah satu jam penuh, bersihkan dengan air hangat dan lap halus. Gunakan masker ini setiap harinya.
  • Masker Tepung Gandum: Campurkan 3 sendok makan tepung gandum dengan air bunga mawar, kemudian tambahakan krim susu sedikit untuk membuat pasta. Kemudian oleskan pasta ini ke seluruh bagian wajah hingga leher. Lakukan peeling pada masker untuk menghilangkan sel kulit yang mati. Kemudian bilas dengan air hagat.
  • Masker Madu: Campurkan madu dengan susu bubuk kemudian aduk merata. Setelah itu, oleskan pasta ini ke seluruh bagian wajah hingga leher, biarkan 20 menit dan bersihkan dengan air hangat.
  • Masker Telur: Kocok 1 butir telur hingga mengental, tambahkan madu 1 sendok makan, dan tambahkan 1 sendok makan minyak bunga matahari. Oleskan masker ke seluruh bagian wajah, termasuk leher, kemudian bersihkan dengan air hangat.

Masker Pemutih Wajah Alami Untuk Kulit berminyak

  • Masker wajah Madu Apel: Dua buah apel dihaluskan, kemudian dicampurkan dengan madu. Campuran ini dioleskan ke seluruh wajah. Setelah 20 menit, bersihkan dengan menggunakan air bersih.
  • Masker wajah Tomat: Tumbuk tomat matang hingga hancur, kemudian tempelkan di wajah. Setelah 20 menit bilas dan bersihkan dengan air.
  • Masker wajah Oatmeal: Campurkan dua sendok oatmeal dengan perasan air jeruk dan susu bubuk secukupnya. Gunakan pasta yang terbentuk sebagai masker muka. Setelah 20 menit, cuci bersih menggunakan air hangat.
Baca Juga: Cara Merawat Wajah Berminyak Secara Alami

Masker Pemutih Wajah untuk Kulit Sensitif

  • Masker wajah Labu: Sepotong labu diblender hingga halus, kemudian dicampurkan dengan kuning telur. Campuran ini ditempelkan di seluruh muka hingga leher *kecuali bagian mata dan bibir. Diamkan 15 menit kemudian bersihkan dengan air.
  • Masker wajah madu: Gunakan madu asli beberapa sendok dan oleskan ke wajah. Setelah 25 menit, bersihkan dengan air hangat.

Masker Pemutih wajah Untuk Wajah Keriput (Karena Penuaan Dini)

  • Masker Buahan: Campurkan Anggur, Alpukat dan apel dan haluskan. Setelah itu tambahkan agar-agar, clay atau sedikit tepung beras sehingga terbentuk pasta kental. Setelah itu tempelkan di wajah dan bersihkan dengan air hangat setelah 15 menit.
  • Masker Wortel dan Susu: Campurkan satu potong wortel yang telah dihaluskan dengan 3 sendok makan susu bubuk. Pasta yang terbentuk digunakan pada wajah selama 20 menit. Setelah itu dibilas dengan air hingga bersih.

Itulah beberapa Cara membuat masker pemutih wajah alami. Selain merawat kulit menggunakan masker, Anda juga bisa mencerahkan kulit wajah secara alami dengan menggunakan menu diet sehat untuk kulit.

Baca Juga: Menu Diet Sehat Untuk Kulit

Artikel Terkait

Previous
Next Post »