Perawatan Wajah Secara Alami Dengan Masker Buah-Buahan

00:44
Alam telah memberikan segala hal untuk manusia sejak dahulu kala. Sejak dahulu, wanita-wanita zaman kuno telah menggunakan buahan dan sayuran sebagai bahan-bahan untuk perawatan wajah secara alami.

Hal ini tak hanya berlaku di masa lalu, tetapi perawatan wajah yang alami ini masih bisa dilakukan hingga sekarang. Dibandingkan menggunakan kosmetik dan bahan kimia, penggunaan masker wajah alami jauh lebih menyehatkan dan dianjurkan.

Cara Perawatan Wajah Alami

cara perawatan wajah alami
cara perawatan wajah alami

Cara perawatan wajah secara alami ini diantaranya ialah sebagai berikut:

Cukupi Kebutuhan Air Kamu

Minumlah banyak air setiap harinya. Air selain dapat menghidrasi tubuh sehingga sehat, juga dapat membersihkan toksin dan racun dalam tubuh yang berbahaya bagi kulitmu. Cara perawatan wajah ini merupakan cara yang kuno, namun sangat efektif untuk merawat kulit wajah agar tetap sehat cantik alami.

Hindari Terkena Sinar Mata Hari Langsung

Jangan berpanas-panasan di bawah terik matahari langsung. Walaupun pada jam 6 hingga jam 8 pagi sinar matahari sangat baik bagi tubuh, tetapi jangan meneruskannya hingga jam 10 pagi. Panas matahari yang terlalu terik akan menyebabkan kulit rusak dan kusam.

Dalam jangka panjang, pemanasan kulit di bawah sinar matahari menyebabkan bintik hitam dan kerutan di wajah. Oleh karenanya terkena sinar matahari langsung, harus dihindari.

Jika pekerjaan Anda memaksa untuk terkena sinar matahari langsung, maka gunakanlah sunscreen lotion. Sunscreen yang direkomendasikan ialah yang mengandung tabir surya SPF 15 atau SPF 30.

Maka rawatlah kulit wajah Anda dengan menutupi tubuh menggunakan tabir surya, agar dapat mengurangi dampak sinar matahari ke kulit.

Berolah Ragalah!

Melakukan olah raga setiap harinya hingga berkeringat akan membuka pori-pori kulit, dan membuang kotoran dan racun dari dalam pori kulit.

Ini bukan berarti berolah raga tak kenal lelah, tetapi lebih untuk menjaga kebugaran tubuh saja. Dengan berolah raga secara teratur, tubuh akan sehat dan kulit akan kencang sehat alami. Perawatan kulit dengan berolah raga ini sangat mudah untuk dilakukan dan tidak memerlukan biaya.

Hindari Rokok!

Sudah banyak sekali hal yang merugikan dari aktifitas merokok ini. Termasuk diantaranya ialah merusak kesehatan kulit kita. Tar pada rokok merupakan zat racun yang dapat menurunkan kesehatan tubuh dan membuat kulit kusam. Sebisa mungkin menghindari rokok merupakan upaya yang sangat baik dalam merawat wajah agar tidak kusam.

Gunakan Moisturizer Alami

Memang banyak sekali moisturizer pabrik yang berkualitas bagus, tetapi menggunakan moisturizer alami jauh lebih baik karena tidak ada efek samping pada penggunaanya.

Beberapa moisturizer alami sangatlah murah dan mudah didapatkan bahan-bahannya, karena itu menggunakan moisturizer alami untuk perawatan wajah jauh lebih menguntungkan. Untuk membuat Moisturizer menggunakan sayur dan buahan, akan dibahas di bagian bawah artikel ini.

Prouduk Make-up

Jangan sembarang menggunakan produk make up. Usahakan menggunakan seminim mungkin make-up saat siang hari, karena keringat yang bercampur make up dapat merusak tekstur kulit wajah yang sehat.

Cobalah untuk menggunakan produk make-up yang berbahan alami, hindari penggunaan make up kimiawi untuk perawatan wajah Anda, apapun alasaannya.

Sebelum Tidur

Sebelum kamu tidur, kamu harus membersihkan seluruh wajahmu dengan sabun wajah. Jangan menggunakan sabun biasa yang akan membuat wajahmu kering dan berminyak.

Dengan mencuci wajah sebelum tidur kamu dapat menghilangkan make-up yang menempel seharian di muka dan menghilangkan bakteri pengotor pada wajah. Dengan cara perawatan seperti ini wajahmu akan sehat terhindar dari pengotor saat tidur.

Hindari Stress

Walaupun belum ada penelitian yang secara pasti membuktikan bahwa stress dapat merusak kulit, tetapi dampak dari stress ialah kurang tidur.

Kurang tidur ini sangat buruk untuk kulit wajah, karena saat tertidur kulit akan meregenerasi sel kulit matinya. Dengan kurang tidur regenerasi ini terhambat sehingga muncullah tanda-tanda penuaan dini. Jadi mulai sekarang, rawatlah wajahmu dengan tidur lebih teratur dan cukup.

Makanlah Makanan Yang Menyehatkan Kulit Wajah

Makanan yang menyehatkan kulit dan wajah ini terutama ialah buah dan sayur yang tidak di proses(mentah) atau sayuran yang direbus setengah matang. Sudah menjadi rahasia publik bahwa orang-orang korea bisa punya kulit wajah sehat putih bersih karena kebiasaanya memakan sayuran segar disamping memang mereka ada yang menggunakan operasi plastik.

Disamping sayuran dan buah-buahan, makan ikan dan sumber omega 3 lainnya juga membantu menyehatkan kulit wajah. Tetapi proses yang disarankan untuk memakan ikan ini ialah direbus atau dikukus. Untuk digoreng ataupun dibakar yang cenderung berminyak, sebaiknya dihindari.

Dengan pola makan yang baik ini, kamu akan dapat merawat wajah dan tubuhmu agar tetap cantik dan sehat.

Gunakan Masker dan Peeling Setidaknya Sekali Seminggu

Gunakan Masker dan Peeling dari bahan alami seminggu sekali. Penggunaan masker wajah dari bahan alami merupakan praktek yang sudah dikenal sejak zaman dahulu untuk merawat kulit wanita.

Dengan menggunakan masker dari bahan-bahan alam secara rutin, Anda dapat memperoleh wajah yang sehat alami dan bercahaya. Berikut ini beberapa masker wajah alami yang dapat kamu gunakan.

Merawat Wajah dengan Masker Buah dan Sayuran

Perawatan wajah dengan masker buah
Perawatan wajah dengan masker buah

Perawatan wajah secara alami dengan menggunakan masker buah dan sayuran merupakan praktek yang sudah turun temuru. Sudah dilakukan sejak dahulu oleh orang-orang masa kuno.

Dengan penggunaan masker ini kita akan memperoleh manfaat vitamin, mineral dan antioksidan dari buahan secara langsung.

Baiklah, berikut ini beberapa resep masker alami dari buah  plus madu.

Masker Madu

Bahan: Madu asli/ madu murni

Ambil madu dua sendok, kemudian letakkan di telapak tangan. Usapkan perlahan dengan gerakan memutar di wajah. Perlahan-lahan hingga seluruh wajah tertutup madu. Setelah itu, diamkan selama kurang lebih 15 hingga 20 menit. Anda bisa menunggu sambil mendengarkan musik. Setelah itu bilas dengan air hangat. Anda akan merasakan kulit wajah yang kencang dan halus.

Masker Alpukat

Bahan: Madu dan Alpukat

Potong buah alpukat setengah bagian, kemudian ambil daging buahnya. Tumbuk hingga halus dan campurkan dengan 2-3 sendok makan madu sehingga terbentuk pasta yang lembut.

Gunakan secara lembut pada wajah. Berbaringlah dan rileks selama 10-15 menit. Kemudian bersihkan wajah dengan air hangat.

Masker Oatmeal

Bahan: Madu, Oatmeal, air

Tumbuk halus Oatmeal 1/4 gelas. Kemudian masak oatmeal dalam 1/2 gelas air selama beberapa saat. Kemudian campurkan dengan 5 sendok madu. Campurkan hingga membentuk pasta. Dinginkan. Setelah benar-benar dingin, gunakan pada wajah selama 20 menit. Setelah masker agak kering, bersihkan dengan air hangat.

Masker Yogurt Temulawak

Bahan: Bubuk Temulawak dan Plain Yogurt

Campurkan setengah sendok bubuk temulawak ke dalam satu sendok makan yogurt. Kemudian campuran ini dioleskan ke seluruh wajah termasuk leher, setelah itu bilas dengan air segar.

Temulawak dapat membersihkan kulit wajah dari kuman, sedangkan yogurt akan memberikan kelembutan dan kelembapan pada kulit wajah.

Masker Stroberi

Bahan: 8-9 buah stroberi matang dan Madu

Tumbuk dan hancurkan 9 buah stroberi yang sudah merah ini di dalam mangkok. Kemudian campurkan madu ke dalam mangkok berisi stroberi. Campuran ini bisa disimpan di kulkas untuk mendapatkan efek dingin.

Setelah dingin, campuran ini dapat digunakan sebagai masker dengan dioleskan ke seluruh wajah hingga leher. Setelah 20 menit, bersihkan wajah dengan air hangat. Setelah kering, kamu bisa melanjutkan perawatan wajah alami dengan moisturizer dan toner.

Itulah berbagai cara perawatan wajah alami menggunakan masker buah-buahan. Simak artikel lainnya untuk perawatan kulit berminyak:

Artikel Terkait

First